Minggu, 20 September 2020

Permasalahan Kepadatan Penduduk di Indonesia dari Segi VUCA

     Pada zaman sekarang yang semakin maju dan arus globalisasi yang sudah mendunia menambah masalah di kehidupan manusia. Semakin padatnya penduduk yang sangat tidak terkontrol merupakan masalah yang tidak bisa dihindarkan. Kepadatan penduduk di Indonesia khususnya sangat memprihatinkan dan sudah sangat membludak. Masalah ini apabila dibiarkan dapat menyebabkan masalah-masalah lain yang dapat merambat ke aspek-aspek lain. Dari kacamata VUCA, kepadatan penduduk dapat dibahas secara terperinci di bawah ini:

Volatility     : Kepadatan Indonesia yang sangat meledak tanpa diiringi dengan program KB yang merata membuat kepadatan di Indonesia menjadi berubah sangat cepat dan juga jumlah yang sangat besar.

Uncertainity : Penduduk Indonesia yang sangat banyak dan terus bertambah secara eksponensial membuat pihak pemerintah juga sangat kewalahan karena bertumpuknya penduduk di Pulau Jawa dan pemerataan kependudukan yang sangat sulit karena penduduk Indonesia ingin hidup di Pulau Jawa.

Complexity : Permasalahan kependudukan yang sangat rumit membuat masalah ini tidak akan selesai-selesai karena di satu sisi pemerintah ini melakukan pemerataan penduduk di seluruh Indonesia namun di sisi lain kesadaran masyarakat yang sangat kurang membuat program pemerintah tidak terwujud.

Ambiguity   : Keinginan pemerintah dan masyarakat yang berbeda membuat masalah ini sulit untuk dipecahkan.

    Luasnya wilayah yang dimiliki Indonesia tidak sebanding dengan pemerataan penduduknya. Ada daerah yang sangat padat, namun ada juga daerah yang sangat jarang penduduknya. Jakarta sebagai ibukota memiliki pertambahan jumlah penduduk yang signifikan setiap tahunnya. Hal ini tidak sebanding dengan kota-kota di wilayah timur yang jumlah penduduknya masih sangat sedikit di beberapa wilayah. Maka dari itu, saat ini pemerintah juga sedang menggalakkan program transmigrasi demi persebaran penduduk yang lebih merata. Akibat lainnya juga yaitu banyaknya pengangguran terutama di Pulau Jawa karena jumlah lapangan pekerjaan yang sangat tidak seporsi dengan jumlah penduduk yang ada.

    Ada solusi-solusi yang mungkin bisa membuat kepadatan penduduk ini bisa dikontrol dengan baik oleh pemerintah:

1. Pemerintah memberi stimulus pada masyarakat seperti tanah dan uang agar mau pindah ke tempat yang masih sepi penduduk (transmigrasi).

2. Pemerintah lebih tegas lagi tentang program KB agar bisa terlaksana dengan baik.

3.Pemerintah mulai melakukan program pemerataan lapangan kerja. Misalnya pabrik-pabrik sekarang dibangun di luar Pulau Jawa saja, pembukaan perkebunan atau lahan pertanian baru untuk diolah supaya orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan bisa lebih produktif dalam mengolah lahan.

    Sebagai warga Indonesia sudah sebaiknya kita mendukung program-program yang sudah dicanangkan pemerintah karena pemerintah pasti ingin yang terbaik untuk bangsa ini. Sudah sepantasnya juga kita mengetahui sebab-akibat dari kepadatan penduduk agar kita bisa membantu meredakan masalah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecanduan Game Online Mempengaruhi Akademis Mahasiswa

 [Tugas Tantangan Masa Depan] Nama : Aditya Dwi Wirasena NIM : 16620166 Fakultas : FTSL Kelompok : 111 Kecanduan Game Online Kecanduan Game ...